Sabtu, 06 Januari 2018

Ternyata Gula Sangat Berpengaruh dalam Menimbulkan Penyakit Kanker


Sebuah temuan mengejutkan diungkap para ilmuan. Mereka mengatakan, melalui proyek penelitian yang sudah dilakukan selama sembilan tahun, mereka menemukan bahwa gula dapat 'membangunkan' sel-sel kanker dan membuat tumor lebih agresif.

Penelitian yang dilakukan oleh VIB, KU Leuven and VUB sedang dipuji sebagai terobosan penting dalam penelitian kanker.

Dalam penelitian ini mereka menjelaskan bagaimana efek warburg, yakni fenomena di mana sel-sel kanker cepat memecah gula, dapat merangsang pertumbuhan tumor.

Diterbitkan dalam jurnal akademik Nature Communications, proyek penelitian ini dimulai pada 2008 dengan fokus pada bagaimana tumor mengkonversi secara signifikan jumlah gula yang tinggi ke laktat, dibandingkan dengan jaringan sehat.

Penelitian baru ini memberikan bukti adanya korelasi positif antara gula dan potensi onkogenik dalam sel kanker.

"Penelitian kami menunjukkan bagaimana konsumsi gula secara hiperaktif, dapat mengarahkan sel kanker ke 'lingkaran setan', terus menstimulasi perkembangan kanker dan mempercepat pertumbuhannya," kata profesor Johan Thevelein dilansir Independent.co.uk.

Dengan demikian, lanjut dia, hal ini dapat menjelaskan korelasi antara kekuatan dari efek warburg dan agresivitas tumor.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan ini akan memiliki konsekuensi dan memberikan landasan untuk penelitian masa depan di domain ini. Serta berdampak pada diet yang disesuaikan untuk pasien kanker.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Lot Tol Blog | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com